Face Recognition untuk Keamanan Publik

Face Recognition in Public Safety/freepik

Pengawasan Video CCTV integrasi dengan teknologi Face Recognition sangat membantu dalam mengawasi keamanan area publik. Integrasi ini muncul karena terlalu luasnya area publik yang diawasi, membuat pengawas kesulitan dalam menentukan fokus pengawasan.

Artikel : CCTV Integrasi Face Recognition Mudahkan Pencarian Berdasarkan Wajah

Setiap peristiwa penting terkadang tidak dapat diprediksi kapan terjadi, maka dari itu diperlukan persiapan untuk mengetahui segala sesuatu informasi yang terkait tanpa tertinggal satu detik pun.

Teknologi Face Recognition merupakan solusi yang cocok untuk mengawasi setiap individu, kita tidak perlu mencari orang tertentu dengan memainkan kembali rekaman video yang memiliki durasi berjam-jam. Kita hanya perlu input wajah yang dicari atau mencarinya berdasarkan event dari VMS yang tersimpan. Secara instan kita menemukan orang yang dicari dan peninjauan peristiwa yang terjadi dengan orang tersebut menjadi lebih fokus dan efisien.

Kami merangkumnya menjadi 3 solusi yang dapat dilakukan oleh teknologi Face Recognition untuk Keamanan Publik.

1. Surveillance Watchlist

Surveillance Watchlist

Identifikasi orang secara instan dan kategorikan mereka sebagai individu, ancaman, atau lainnya.

Contoh kasus ketika terdapat orang yang merusak fasilitas umum dan kamera CCTV mendeteksi dan menyimpan gambar wajahnya ke dalam database. Wajah orang tersebut dapat dikategorikan sebagai ancaman, sehingga ketika terlihat kembali di tempat fasilitas umum yang berbeda, sistem akan memberikan notifikasi dan fokus terhadap orang tersebut untuk menghindari hal yang sama terulang kembali.

2. Criminal Watchlist

Criminal Watchlist

Terima notifikasi alarm yang muncul secara otomatis ketika gambar wajah dalam daftar kriminal terdeteksi oleh kamera CCTV.

Sering tidak disadari orang yang masuk dalam daftar kriminal atau DPO muncul di tempat umum dan lewat begitu saja. Adanya bantuan Face Recognition yang terintegrasi dengan Pengawasan Video CCTV dapat meningkatkan fokus pengawasan terhadap penjahat kriminal dan memberikan kesadaran yang tinggi kepada pihak keamanan yang bertugas diberbagai situasi untuk tetap menjaga lingkungan sekitar selalu aman.

Cara kerjanya dengan foto yang masuk ke dalam daftar kriminal Alarm muncul otomatis ketika gambar wajah dalam daftar kriminal terdeteksi oleh kamera CCTV.

3. Missing People Watchlist

Missing People Watchlist

Gambar wajah yang masuk dalam daftar orang hilang, ketika terdeteksi oleh kamera CCTV akan memberikan notifikasi ke pusat pengawasan.

Face Recognition dapat dimanfaatkan untuk mencari daftar orang hilang. Pengawasan di lingkungan perkotaan dengan jumlah kamera CCTV yang banyak, dapat membantu melakukan pencarian. Tetapi untuk memfokuskan pencarian tanpa teknologi Face Recognition dirasa sangat menyita waktu yang sangat banyak.

Hadirnya integrasi Pengawasan Video CCTV dengan Face Recognition, bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses identifikasi setiap orang berdasarkan wajah.


Jika ingin mengetahui solusi Face Recognition lainnya dapat lihat di video berikut.

Face Recognition Integration Solution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *